Travel tour atau biro perjalanan memiliki agen yang bertugas di lapangan dengan cara mempromosikan paket atau diskon harga perjalanan dengan destinasi berbeda. Seperti halnya agen umroh Kebumen yang mempromosikan biaya paket perjalanan ibadah umroh. Namun, Anda disarankan untuk berhati-hati memilih agen umroh karena juga banyak agen yang berakhir menipu calon jamaah umroh. Untuk itu perhatikan langkah dalam memilih agen umroh yang tepat.

  1. Pilih Agen Umroh yang Resmi dan Terjamin Legalitasnya

Ini merupakan hal yang pertama kali harus Anda perhatikan. Jangan sampai setelah uang Anda dibawa lari lantas Anda baru sadar bahwa Anda telah ditipu mentah-mentah bahkan sebelum mengecek legalitas agen tersebut. Anda bisa memastikan agen umroh dengan beberapa cara di bawah ini.

  • Lakukan pengecekan pada website resmi Kementerian Agama Republik Indonesia untuk memeriksa daftar pihak penyelenggara perjalanan umroh atau PPIU. Apabila Agen tersebut terdaftar pada website resmi tersebut, maka legalitasnya bisa dipercaya dan layak dipilih.
  • Anda harus memastikan travel umroh juga memperoleh surat izin sebagai travel umroh. Bukti surat yang menandakan travel umroh tersebut telah legal ada memiliki beberapa surat berikut:
    • Surat Izin Tetap Usaha pariwisata
    • Tanda Daftar Perusahaan
    • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
    • NPWP Perusahaan
    • SK dari Menteri Kehakiman: Akta Pendirian Perusahaan
    • Sk dari Depag: Dirjen Penyelenggaraan haji dan Umroh
    • Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari pihak Dewan Syariah Nasional MUI
    • Sertifikat Anggota Amphuri
  1. Periksa Alamat Pusat Agen Umroh

Lakukan pengecekan alamat travel dari agen umroh tersebut. Apabila alamat yang tertera pada brosur atau yang diberikan langsung tidak sesuai, maka Anda perlu lebih berhati-hati. Pastikan juga bahwa kantor tersebut memiliki kantor yang layak dengan alamat yang pas untuk menghindari beragam resiko kedepannya. Alamat biasanya tertera di bagian brosur atau kartu nama dari agen umroh tersebut. Segera lakukan pengecekan sebelum Anda mendaftar dan membayar biaya di awalnya. Risiko yang biasa terjadi adalah uang yang Anda setor akan dibawa lari atau digunakan untuk perputaran uang di pasar uang.

Baca Juga :

Apabila agen tersebut menang maka dia mendapatkan keuntungan yang besar sehingga benar-benar bisa membawa Anda berangkat umroh, namun jika kalah mereka akan rugi dan lari tanpa tanggung jawab sedikitpun. Tinggallah Anda yang harus menggaruk kepala karena uang yang terlanjur hangus tanpa sisa. Beda halnya dengan agen umroh Kebumen yang bisa dipercaya dan aman.

  1. Cek Biaya yang Harus dibayar dengan Fasilitas yang diberikan

Apabila Anda ditawarkan berangkat umroh dengan biaya yang lumayan murah, jangan langsung tergour. Tahukah Anda? Pemerintah telah menetapkan aturan untuk biaya umroh sehingga para travel umroh menyesuaikan biaya dengan yang diatur oleh pemerintah. Biaya umroh yang ada di bawah ketentuan pemerintah bisa dikatakan tidak mungkin dan perlu diwaspadai. Nah, untuk biaya umroh yang normal juga harus di cek apakah sesuai dengan fasilitas yang diberikan ketika Anda berangkat.

Harga yang terlalu mahal juga harus dicurigai apabila fasilitas yang diberikan sama saja dengan biaya normal. Fasilitas yang biasa diberikan oleh agen travel umroh adalag tiket pesawat, visa, sewa penginapan seperti hotel, transportasi selama di Tanah Suci dan beragam pelayanan lainnya.

  1. Perhatikan Visa yang diberikan

Visa yang diberikan oleh pihak agen umroh harus dicek juga terlebih dahulu karena setiap status visa merupakan hal yang penting. Biasanya visa yang diberikan oleh pihak travel merupakan visa umroh sesuai dengan pilihan perjalanan Anda. Perlu di cek karena jangan sampai Anda mendapatkan visa liburan atau lainnya. Hal tersebut dapat mengganggu ibadah Anda nantinya.

  1. Periksa Mekanisme Pembayaran

Biro perjalanan umroh tentu memiliki rekening bank atas nama perusahaan. Apabila Anda menemukan agen umroh yang menggunakan rekening pribadi dalam penerimaan biaya umroh, maka jangan langsung mengirimkan sejumlah uang tersebut dengan alasan apapun. Sebaiknya Anda membatalkan dan mencari agen travel umroh yang lain.

 

Haji dan Umroh Travel :

Call Now
Whatsapp