Mengikuti permintaan umroh yang semakin tinggi, saat ini telah banyak hadir agen travel yang menawarkan paket perjalanan umroh yang menarik. Mulai dari travel umroh terpercaya hingga agen travel abal-abal tersebar luas, tidak terkecuali keberadaan agen umroh di Garut. Berbicara mengenai travel umroh abal-abal, belakangan ini telah banyak travel umroh yang menawarkan paket murah. Memang penawaran yang sangat menggiurkan berbekal iming-iming fasilitas lengkap, hanya saja Anda harus lebih selektif saat menyeleksi biro perjalanan umroh karena ada banyak agen travel bermasalah yang mengintai saat ini. Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa ciri travel umroh bermasalah yang wajib Anda ketahui.

Tidak Memiliki Izin Resmi Dari Kementerian Agama

Ciri utama yang menggambarkan sebuah agen travel bermasalah ialah tidak dilengkapi izin operasional dari kemenag atau Kementerian Agama sehingga dikatakan ilegal untuk menjalankan biro jasa umroh. Untuk itu, sebagai konsumen yang baik Anda wajib  mengetahui terlebih dahulu informasi detail mengenai pihak travel umroh pilihan Anda. Apakah biro umroh pilihan tersebut sudah memiliki izin resmi dari kemenag atau tidak. Apabila belum memiliki izin resmi dari kemenag, maka kemungkinan besar agen travel umroh bersangkutan menjalankan operasional perusahaannya secara ilegal dan tidak dibawah naungan pemerintah. Setiap uang jamaah yang akan dialirkan ke rekening pribadi tanpa pelaporan ke Kementerian Agama.

Baca Juga :

Menawarkan Harga Paket Umroh yang Sangat Murah

Salah satu poin penting untuk melihat kualitas agen travel ialah dari segi tawaran harga paket umroh. Paket murah yang biasanya ditawarkan memang sangat menarik minat para jamaah. Namun, Anda wajib mengetahui secara pasti minimal harga paket umroh normal menurut pemerintah. Perlu diketahui, harga paket umroh murah yang tergolong aman menurut kemenag ialah diatas Rp20 juta. Akan tetapi, bukan berarti harga paket di bawah Rp20 juta dikatakan bermasalah ya. Harga paket yang dikatakan memicu kecurigaan dan bermasalah ialah apabila ditawarkan senilai Rp16 juta hingga Rp 18 jutaan. Untuk itu, pastikan Anda berhati-hati dan tidak tergiur dengan harga di luar batas wajar yang ditawarkan agen umroh di Garut.

Masuk Dalam Daftar Hitam Kemenag

Sebelum Anda memutuskan travel umroh pilihan, pastikan jika travel umroh bersangkutan tidak  termasuk dalam daftar hitam kemenag. Cara mengeceknya juga cukup mudah, Anda bisa mengunjungi laman website resmi kemenag. Apabila sebuah agen travel masuk dalam daftar hitam kemenag, maka artinya agen travel bersangkutan bermasalah dan wajib Anda hindari penggunaan jasanya. Biasanya, agen travel yang pernah mengalami kasus pada tahun-tahun sebelumnya juga masuk dalam daftar hitam. Keberadaan daftar hitam dimaksudkan untuk memberi informasi kepada para calon jamaah agar terhindar dari penipuan.

Permintaan Pelunasan Biaya yang Cepat

Perlu Anda ketahui, jangka waktu pelunasan biaya umroh yang normal untuk para jamaah ialah sekitar 30 hingga 45  hari sebelum keberangkatan. Dalam rentang waktu pelunasan tersebut, biasanya perusahaan harus segera melunasi biaya akomodasi dan biaya perjalanan para jamaah. Apabila agen travel meminta pelunasan yang lebih cepat sedangkan jadwal keberangkatan masih belum dipastikan, maka Anda wajib mempertanyakannya dengan jelas karena hal tersebut merupakan pertanda jika travel umroh bersangkutan tidak bisa dipercaya. Saat ini ada banyak agen travel umroh terpercaya yang menawarkan paket menarik, harga yang biasanya ditawarkan juga mengikuti peraturan yang ditentukan Kementerian Agama.

Adanya Tambahan Diskon Dengan Skema MLM

Skema MLM adalah sistem yang biasanya dijalankan oleh agen travel umroh, di sini penyedia jasa biro perjalanan umroh menawarkan paket murah dengan keuntungan berlipat ganda. Cara kerjanya ialah dengan mengandalkan koneksi para jamaah yang mendaftar. Calon jamaah akan diminta untuk mencari calon anggota lainnya dengan iming-iming memperoleh tambahan diskon apabila berhasil membawa calon nasabah. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan, padahal  nyatanya separuh uang hasil pendaftaran jamaah akan diambil oleh pengelola pribadi dan separuh biaya pendaftaran lainnya akan digunakan untuk membayar keberangkatan jamaah sebelumnya. Maka dari itu, pastikan Anda mengetahui dengan baik sistem kerja yang dijalankan oleh sebuah agen umroh di Garut pilihan Anda.

 

Haji dan Umroh Travel :

Call Now
Whatsapp